Minggu, 27 Desember 2009

Meningkatkan Kecepatan Hard Disk Anda



     Saat anda menggunakan, menambah, menghapus, mengupdate dan menguninstall software akibatnya harddrive akan menjadi ter-fragmented. File-file menyebar secara tidak beraturan di seluruh bagian hard disk, melambatkan akses harddisk dan mempengaruhi kecepatan start up komputer.

Untuk menjaga agar hard disk berjalan dalam performansi yang optimal, anda bisa menggunakan program bernama 'disk defragmenter' yang telah disediakan oleh windows.

Catatan:
Proses seperti ini akan membutuhkan waktu beberapa jam. Sangat kami anjurkan anda melakukan proses ini saat waktu luang atau sebaiknya sebelum tidur.

Menggunakan Disk Defragmenter!

1. Klik 'start menu’
2. Klik tombol ‘run’
3. Window baru muncul, ketik 'defrag' dan tekan enter!
4. Pilih drive yang ingin anda bersihkan (clean) dan klik OK.
5. Matikan monitor komputer anda, duduk dan bersantailah. Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa jam sampai selesai (tergantung dari kapasitas harddisk).

Tip: Sebelum menjalankan disk defragmenter sangat disarankan anda mematikan screensaver agar operasional defrag bisa lebih cepat.

Setelah anda berhasil menjalankan langkah-langkah di atas, lanjutkan ke pelajaran berikutnya. Jika anda masih menemui masalah dan membutuhkan bantuan ekstra silakan acu bantuan tambahan berikut ini.


Bantuan Tambahan:

Tanya: Windows disk defragmenter terkunci, terrestart atau tidak pernah selesai, bagaimana cara mengatasinya?

Jawab: Jika demikian, biasanya disk defragmenter memberitahu bahwa masih ada beberapa aplikasi yang berjalan di balik komputer anda sehingga mengganggu proses disk defrag. Anda harus me-nonaktifkan seluruh software aplikasi yang sedang berjalan agar tidak mengganggu proses defrag.