Senin, 14 Desember 2009

Speed/Drag


Tips setingan untuk mobil speed....!!!!!!!!


Setingan roler kanan kiri itu kalo yg atas buat setingan nyepet pake sigmat kalo di ukur jatuh nya 11-5 tapi kalo buat longgar jatoh nya 11 pas tergantung kita aja, misal nya pake roler 16 mm tinggal di bubut atas bawah sampe ukuran nya 11-5 or 11 pas tergantung kita....!!!and roler bawah itu ukuran nya kurangin 3mili dari ukuran roler atas jadi kalo di ukur sigmat jatuh nya 11 - 2.
Rata-rata track sekarang kan pake veludrom jadi kalo kita mao maen aman setingan di bikin nyepet aja minimal pake setingan roler 11-5.
Untuk drajat gak perlu ngandelin drajat dari stick depan cukup dari ukuran ban aja menurut gw yg enak tuh pake pelk 21 itu baru pelk aja kalo di tambah ban yg blom di bubut bisa 26 jatoh nya trus di bubut aja sampe ukuran ban 25 paling minim 24 jadi stick depan gak usah di taroin drajat cukup di seting lurus saja.


Settingan speed flyover (velodrom)

Ukuran mobil nggak perlu terlalu rapat, buat aja 11,3 cm roler atas. roler bawahnya sekitar 11-11,1 cm kalo dibuat rapat mobil kehilangan rpm di track lurusnya.
Kalo takut keluar di flyovernya, tambahin wheelie bar (stik + bearing) dibelakang. jadi saat mobilnya terangkat yang nyentuh arena bearingnya.
Kalau ukuran velg mulai 21 - 26mm kepake semua tinggal nyocokin karakter arenanya.

Bemper kalo bisa cari bahan yang ringan tapi kuat, mis: karbon kevlar, dengan tebal 2 mm kekuatannya sama kaya fiber 3 mm.



Batre sanyo 1000cc jgn lupa cas ampe penuh
Pake bearing super lancar tuk ban n roller
Pake ban yg bukan spin, usahakan ban velg as n roller ga mencang mencong
Pake magnet yg strong, tabungnya yg ada bearing.
Lilit angkur 12mm super hjh dengan lilitan double 0.6mm 10-10
Pake gear 17-26.

Untuk menghasilkan kecepatan yang maksimal diperlukan settingan yang maksimal pula. Disamping berat mobil harus ringan dan mesin yang cepat, jangan lupa settingan gir harus dirubah. Sekarang kita mencoba membahas permainan gir pada mobil. Di dalam bahasan situs OprekMini4WD tentang gir disebutkan "Kecepatan akan bertambah apabila gir dinamo semakin besar dan gir roda semakin kecil tetapi akselerasi akan berkurang, begitupun sebaliknya". Jadi kesimpulannya sesuaikan dengan jenis track, kalo banyak tikungan ya pake "akselerasi", kalo banyak lurus ya pake "kecepatan", kalo sedang ya pake antara "akselerasi" dengan "kecepatan". Untuk hasil maksimal perlu dilakukan tes langsung dilapangan.

Pemasangan gir tidak boleh terlalu rapat, agar bisa bergerak ringan dan bebas, tapi juga jangan terlalu renggang.....,yg penting bisa ringan tapi tetap "menggigit"