Tips setingan untuk mobil speed....!!!!!!!!
Setingan roler kanan kiri itu kalo yg
atas buat setingan nyepet pake sigmat kalo di ukur jatuh nya 11-5
tapi kalo buat longgar jatoh nya 11 pas tergantung kita aja, misal
nya pake roler 16 mm tinggal di bubut atas bawah sampe ukuran nya
11-5 or 11 pas tergantung kita....!!!and roler bawah itu ukuran nya
kurangin 3mili dari ukuran roler atas jadi kalo di ukur sigmat jatuh
nya 11 - 2.
Rata-rata track sekarang kan pake
veludrom jadi kalo kita mao maen aman setingan di bikin nyepet aja
minimal pake setingan roler 11-5.
Untuk drajat gak perlu ngandelin
drajat dari stick depan cukup dari ukuran ban aja menurut gw yg enak
tuh pake pelk 21 itu baru pelk aja kalo di tambah ban yg blom di
bubut bisa 26 jatoh nya trus di bubut aja sampe ukuran ban 25 paling
minim 24 jadi stick depan gak usah di taroin drajat cukup di seting
lurus saja.
Settingan speed flyover (velodrom)
Ukuran mobil nggak perlu terlalu
rapat, buat aja 11,3 cm roler atas. roler bawahnya sekitar 11-11,1 cm
kalo dibuat rapat mobil kehilangan rpm di track lurusnya.
Kalo takut keluar di flyovernya,
tambahin wheelie bar (stik + bearing) dibelakang. jadi saat mobilnya
terangkat yang nyentuh arena bearingnya.
Kalau ukuran velg mulai 21 - 26mm
kepake semua tinggal nyocokin karakter arenanya.
Bemper kalo bisa cari bahan yang ringan
tapi kuat, mis: karbon kevlar, dengan tebal 2 mm kekuatannya sama
kaya fiber 3 mm.
Batre sanyo 1000cc jgn lupa cas
ampe penuh
Pake bearing super lancar tuk ban n
roller
Pake ban yg bukan spin, usahakan
ban velg as n roller ga mencang mencong
Pake magnet yg strong, tabungnya yg
ada bearing.
Lilit angkur 12mm super hjh dengan
lilitan double 0.6mm 10-10
Pake gear 17-26.
Untuk menghasilkan kecepatan yang
maksimal diperlukan settingan yang maksimal pula. Disamping berat
mobil harus ringan dan mesin yang cepat, jangan lupa settingan gir
harus dirubah. Sekarang kita mencoba membahas permainan gir pada
mobil. Di dalam bahasan situs OprekMini4WD tentang gir disebutkan
"Kecepatan akan bertambah apabila gir dinamo semakin besar dan
gir roda semakin kecil tetapi akselerasi akan berkurang, begitupun
sebaliknya". Jadi kesimpulannya sesuaikan dengan jenis track,
kalo banyak tikungan ya pake "akselerasi", kalo banyak
lurus ya pake "kecepatan", kalo sedang ya pake antara
"akselerasi" dengan "kecepatan". Untuk hasil
maksimal perlu dilakukan tes langsung dilapangan.
Pemasangan gir tidak boleh terlalu
rapat, agar bisa bergerak ringan dan bebas, tapi juga jangan terlalu
renggang.....,yg penting bisa ringan tapi tetap "menggigit"